Cerita dan Rute Perjalanan Jogja – Bandung

Ini adalah perjalanan perdanaku ke kota Bandung dan terlebih istimewanya lagi perjalanan itu aku lakukan dengan sepeda motor. Berbekal kenekatan dan sedikit pencarian di go*gle serta GPS Garmin yang terinstall di N82, akhirnya aku putuskan untuk berangkat.

Aku ke Bandung dalam rangka melaksanakan kerja praktek di PT LEN dengan temen seperjuanganku Ahid. kami berangkat jam 9.30 dari jogja, berdasarkan prediksi di go*glem*ps lama perjalanan dari jogja-bandung “hanya” sekitar 8 jam. Sedikit tersenyum mendengar angka tersebut sehingga kami bisa memperhitungkan seberapa pegal badan dan seberapa panas pantat duduk di atas sepeda motor. Namun ternyata prediksi kami melenceng jauh sehingga kami harus merasakan lebih lama siksaan di atas sepeda motor. ( itu dibahas nanti deh…. hehe )

Mari lanjutkan ceritanya…

Dengan si Biru ku ( Shog*n 110 ) berangkatlah kami ke kota yang akan kami “curi” ilmunya tersebut. Kilometer demi kilometer kami lewati dengan masih diselingi candaan khas, namun semakin banyak kilometer kami lalui rasa capek mulai menghampiri dan candaan pun hilang tak berulang lagi. Rute Jogja-Wates masih santai,.. masuk kawasan Purworejo bibirpun mulai berkicau karena bagusnya jalan yang kami lewati… ( majas hiperbola, haha ).

*PENTING untuk diperhatikan bagi para pembaca yang akan mengikuti jejak saya, hehe…

Jalan lintas kota yang dilewati sampai tulisan ini diterbitkan banyak lubang di sana-sini sehingga perlu sedikit waspada untuk kenyamanan perjalanan.

Back to topic..

Perjalanan terus menemui banyak lubang… Memasuki kawasan jawa barat, ternyata jalur yang kami ambil salah. Kami memasuki kawasan pedesaan dan setelah sekian lama berjalan tanpa tujuan akhirnya kami beranikan diri untuk bertanya meski kami sadar akan loading bahasa, hehe…

Dengan sedikit dipahami dalam hati apa maksud yang di jelaskan oleh orang sunda tersebut akhirnya kami paham juga, dan ternyata kami salah jalan. Jalan yang kami ambil adalah rute ke pantai pangandaran… buset jauh bener ini nyasarnya…

Setelah kejadian tersebut kami putuskan untuk mengabaikan prediksi dari go*glem*ps dan berjalan sesuai urutan kota saja, hehehe…

Dalam perjalanan menuju rute yang benar (setelah kesasar) ada satu tempat menarik yang kami lewati, adalah jembatan satu arah yang membentang sekitar dua ratusan meter dengan tinggi dari permukaan sungai sekitar seratusan meter (kebayang seberapa tingginya itu..) dan lebih menantangnya lagi yang menjadi alas untuk kendaraan lewat adalah balok-balok kayu yang sudah mulai usang. Nda terbanyangkan jika seandainya kayu tersebut patah dan kendaraan yang di atasnya terjun bebas ke sungai…

Benar-benar pengalaman tak terlupakan untuk kami…

Setelah kembali ke rute yang sebenarnya yaitu di kota Ciawi, perjalanan panjang kami lanjutkan kembali terus menuju arah barat hingga akhirnya kami sampai didaerah Buah Batu (bagian selatan kota Bandung) jam 9.30 malam.

Begitulah akhir dari cerita…

~ Rute yang kami gunakan :
JOGJA – WATES – PURWOREJO – KUTOARJO – KEBUMEN – GOMBONG – PURWOKERTO ( dipertigaan WANGON ambil lurus, jangan ke kanan nanti sampai TEGAL ) – AJIBARANG – KARANGPUCUNG – BANJAR – CIAMIS – CIKONENG – RAJAPOLAH – CIAWI – GENTONG – NAGREK – RANCAEKEK – BANDUNG

9 responses to “Cerita dan Rute Perjalanan Jogja – Bandung

  1. Kira kira kalo sendiri pake motor aman ga yaa gan ? Ane minggu depan mau pulang kampung ke bandung nih. Masih ngeri gan😦

    • Di jalanan semua bisa terjadi gan, kita sbg manusia hanya bisa meminimalisirnya..
      Kalo emang agan niat pake motor n sendiri, pastiin badan n motor fit 100%, n berangkat dr jogjanya pagi aja biar sampe bandungnya g terlalu malem mengingat agan hanya sendirian. Mending macet + panas daripada sepi + diintai orang yg g dikenal gan.
      semoga membantu🙂

  2. Aman kok naik motor Jogja – Bandung, sekedar antisipasi aj, klo jogja pagi hari, di sepanjang perjalanan banyak jga yg naik motor, kondisi motor harus fit, soalnya medannya naik turun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s